Tuesday, June 3, 2014

Analisis Laporan Sumber Dana dan Penggunaan Dana


Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana merupakan suatu laporan yang menggambarkan dari mana datangnya dan untuk apa dana itu digunakan.
Dengan mengadakan analisa terhadap laporan tersebut dapat diketahui bagaimana perusahaan itu menggunakan dana yang dimilikinya. Jenis laporan keuangan selain neraca, laporan laba rugi, dan laba yang ditahan adalah laporan sumber dan penggunaan dana.

Dana dalam Aliran Kas
Pengertian dana kas yaitu menggambarkan suatu ringkasan sumber dan penggunaan kas selama periode yang bersangkutan. Penggunaan kas disusun untuk menunjukan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaannya.

Contoh Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Kas
Berikut ini adalah laporan keuangan PT Mutiara berupa Neraca periode 31 Desember 2008 dan 2009, beserta perubahannya.
Selama tahun 2009, Perusahaan PT. Mutiara mendapatkan keuntungan netto sesudah pajak sebesar Rp. 1.600.000 dan dibayarkan sebagai cash deviden sebesar Rp. 800.000.
Dari contoh Neraca di atas kemudian dapat dibuat laporan sumber-sumber dan penggunaan kas.


Dari contoh Neraca di atas kemudian dapat dibuat laporan sumber-sumber dan penggunaan kas. Berikut ini adalah contoh laporan tersebut.

Dari laporan penggunaan dana tersebut terlihat bahwa penggunaan dana adalah untuk penambahan mesin, penambahan tanah dan pembayaran cash deviden.
Sumber dana tersebut berasal dari keuntungan neto dan depresiasi (internal sources) dan utang jangka panjang (obligasi).
- Dari keuntungan neto dibayarkan sebagai cash deviden sebesar Rp. 800.000 (50%) sisa keuntungan neto sebesar Rp. 800.000 (Rp. 1.600.000 – Rp. 800.000). Sisa keuntungan tersebut merupakan modal sendiri.
- Dana yang digunakan untuk pembelian tanah berasal dari modal sendiri Rp 800.000 dan sisanya dibelanjai dengan utang jangka panjang
- Tambahan mesin meliputi Rp. 1.000.000 dan dapat dibelanjai dengan utang jangka panjang dan depresiasi

Dari analisa sumber-sumber dan penggunaan dana PT Mutiara dapat disimpulkan bahwa perusahaan menggunakan dananya dalam tahun 2009 sebagian besar untuk ekspansi dalam bentuk pembelian mesin dan tanah.


 
Dana Dalam Aliran Modal Kerja
Pengunaan modal kerja yaitu mengambarkan suatu ringkasan sumber dan penggunaan modal kerja dan perubahan unsur-unsur modal kerja selama periode yang bersangkutan. Karena modal kerja yang digunakan modal kerja netto, maka perubahan elemen-elemen modal kerja tidak akan mempengaruhi besarnya modal kerja. 
Dari tabel tersebut terdapat perubahan modal kerja sebesar Rp400,00 artinya ada tambahan modal kerja. 

Selanjutnya dapat dibuat laporan sumber dan penggunaan modal kerja sebagai berikut :


Dari laporan sumber dan penggunaan modal kerja tersebut bahwa pada tahun 2009 perusahaan telah mengadakan perluasan usaha dengan membeli mesin, tanah, dan modal kerjanya. Sedangkan sumber dana untuk memenuhi perluasan tersebut berasaal dari laba, penyusutan dan utang.

Sumber 
Melisa silalahi (http://www.slideshare.net/SasaRycrizzh1/bab-9-analisasmbrdana-30073774)

No comments:

Post a Comment

Welcome to My Blog.
I'm a SonElf, Love with Super Junior & SNSD also love YoonHae (Yoona & Donghae).
Thank's for visited my blog and don't be a Silent Reader's guys. Give your comment for my blog.
Thank You ^^