Tuesday, April 1, 2014

Analisis Rasio Keuangan


Rasio keuangan merupakan angka hasil perbandingan antara satu angka keuangan dengan angka keuangan lainnya.Analisa rasio adalah suatu metode analisa untuk mengetahui hubungan pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan laba rugi secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut. Analisis rasio keuangan merupakan bentuk atau cara umum yang digunakan dalam analisis laporan keuangan.Analisis rasio berguna bagi para analisis intern untuk membantu manajemen membuat evaluasi mengenai hasil-hasi operasinya, memperbaiki kesalahan-kesalahan dan menghindari keadaan yang dapat menyebabkan kesuiltan keuangan.

Rasio Keuangan

1.                   Liquidity Rasio  ini menunjukkan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban, yaitu pembayaran kepada pihak ketiga secara tepat waktu. Semakin tinggi ketersediaan aset jangka pendek perusahaan dibandingkan kewajiban jangka pendeknya, semakin baik kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.
Rasio Lancar (Current Ratio)= Harta lancar / Hutang Lancar

2.                   Profitability Rasio adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, artinya seberapa besar rasio dari kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari aktifitas perusahaan maka semakin baik perusahaan tersebut.
ROA  (return on asset)= laba bersih/total aset

3.                   Turn Over Rasio perputaran menunjukkan waktu yang diperlukan perusahaan dalam melakukan kegiatannya untuk memutar arus kas, artinya dari kas kembali menjadi kas.
Rasio perputaran aktiva (aset turnover ratio) = Penjualan /Total Aset

4.                   Rasio Solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban berupa pembayaran bunga dan pokok pinjaman jangka panjang. Rasio ini penting sekali karena perusahaan perlu mengatur seberapa besar hutang yang digunakan nantinya, karena apabila perusahaan tidak mengatur ini maka bisa saja hutang yang terlalu tinggi dan bunga terlalu tinggi, sedangkan hasil laba operasional perusahaan rendah.
 
Rasio Hutang terhadap Ekuitas (Debt to Equity ratio ) = Total Hutang /Total Ekuitas
merupakan Perbandingan antara hutang dan ekuitas dalam pendanaan perusahaan, sehingga menunjukkan kemampuan modal perusahaan dalam memenuhi seluruh kewajibannya
           
Rasio Hutang terhadap Aset (Debt to asset ratio) = Total Hutang /Total aset
merupakan Perbandingan antara hutang dan aset dalam pendanaan perusahaan, sehingga menunjukkan kemampuan modal perusahaan dalam memenuhi seluruh kewajibannya


SOURCE
http://ilmuekonomi.net/analisa-rasio-keuangan/
http://planyourfinancial.wordpress.com/2013/03/24/rasio-rasio-pada-laporan-keuangan-analisis-fundamental/

No comments:

Post a Comment

Welcome to My Blog.
I'm a SonElf, Love with Super Junior & SNSD also love YoonHae (Yoona & Donghae).
Thank's for visited my blog and don't be a Silent Reader's guys. Give your comment for my blog.
Thank You ^^